KPM UNSIQ

Training of Trainer (ToT) Dosen Pembimbing Lapangan KPM MBKM Berbasi Riset Tahun 2023

Traning of Trainer (ToT) sebagai salah satu kegiatan wajib bagi DPL untuk memiliki kemampuan membimbing dan persepsi program unggulan KPM lainnya. Program unggulan KPM MBKM Berbasis Riset Tahun 2023 ke-46 ini dalam rangka pemanfaatan intensifikasi pekarangan rumah keluarga ketahanan pangan dalam memanfaatkan sampah rumah tangga dan program ke-UNSIQ-an. Salah satu program unggulan yang bermuara pada pencatatan rekor MURI dengan GerTanCab Pake TaNGan (Gerakan Tanam Cabai pada Keluarga Ketahanan Pangan) di 100 Desa, 13 Kecamatan di Wilayah Kabupaten Wonosobo, dan 5 Kabupaten Luar Wonosobo.

Adapun Tugas dan Fungsi DPL KPM, Yaitu: 1) Berkordinasi dengan Desa/Kelurahan/Instansi lainnya sebelum pelaksanaan KPM; 2) Melakukan orientasi dan observasi pendahuluan ke lokasi KPM; 3) Membantu melancarkan proses pendekatan sosial mahasiswa dengan Masyarakat di lokasi KPM; 4) Menegakkan disiplin mahasiswa dalam melaksanakan program kerja tugas KPM; 5) Memimpin rombongan Pimpinan Universitas atau instansi lain yang melakukan kunjungan KPM di wilayah kerjanya; 6) Menjadi konsultan, mitra dialog, fasilitator, motivator, bagi mahasiswa dalam menjalankan tugas dan perannya sebagai peneliti, pendidik, dan organizer; 7) Sebagai delegator (wakil penyelenggara KPM), dalam beberapa kegiatan yang tidak memungkinkan dapat dihadiri atau ditangani oleh penyelenggara di wilayah kerjanya; 8) Membuat laporan tertulis mengenai program dan kegiatan pembimbingan mahasiswa KPM yang telah dilakukan dan memberikan saran-saran untuk kelanjutan program.

Dok: Teknis Kegiatan KPM

Dok: DPL KPM

Pelaksanaan ToT DPL dilaksanakan pada hari Jumat, 27 Januari 2023 di Aula Pascasarjana UNSIQ yang dihadiri oleh 43 DPL, diawali dengan arah dan kebijakan KPM oleh Bapak Wakil Rektor 1 (Dr. H. Ngarifin Shidiq, Alh, M.Pd.I) menegaskan bahwa KPM sebagai ajang promosi kelembagaan sehingga harus mempertahankan karakter ke-UNSIQ-an bagi ketrlibatan BPKPM, DPL dan Mahasiswa. “Apresiasi kegiatan KPM yang berupaya pada kegiatan Rekor MURI”, jelasnya. Penguatan Kepala LP3M (Dr. Ahmad Khoiri, M.Pd) pada orientasi program KPM MBKM berbasis Riset dengan luaran KPM berupa artikel hasil pengabdian masyarakat, video profil, laporan, dan cetak Rekor MURI. Selanjutnya penjelasan teknis kegiatan KPM serta sistem untuk penguploadan laporan dan dokumen kegiatan disampaikan oleh Kepala Pusat Pengabdian Masyarakat (Achmad Affandi, S.E., MM) dan Tim IT (Mahmudi, S.Kom). Lebih jelasnya silahkan unduh Materi ToT DPL dan Buku Pedoman KPM.

2 komentar pada “Training of Trainer (ToT) Dosen Pembimbing Lapangan KPM MBKM Berbasi Riset Tahun 2023

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *