Ugrading Publikasi Ilmiah untuk Meningkatkan Index Performa SINTA

LP3M UNSIQ melaksanakan kegiatan bersama UP2MF dan UP3MF di lingkungan UNSIQ, Kegiatan yang dilaksanakan pada hari Kamis tanggal 27 Bulan Juli Tahun 2023 ini bertujuan untuk meningkatkan publikasi ilmiah dalam rangka performa SINTA UNSIQ.

Publikasi ilmiah merupakan bagian dari siklus penelitian yang harus dilakukan oleh peneliti ketika selesai melaksanakan penelitiannya. Dengan mempublikasikannya, maka temuan atau buah pikirannya akan dikenal oleh akademisi sehingga dapat segera diketahui dan yang terpenting saat ini ialah mendapat pengakuan dari akademisi dan sejawat . Publikasi ilmiah merupakan sistem publikasi yang dilakukan berdasarkan penelaahan (peer reviewed) oleh pakar di bidang ilmu yang sama sehingga diperoleh tingkat objektivitas setinggi- tingginya. “Sistem” ini beragam, bergantung pada bidang masing-masing, dan selalu berubah, meskipun seringkali secara perlahan.

Jenis-jenis publikasi yang dapat diterima sebagai kontribusi pada bidang ilmu pengetahuan dan penelitian sangat beraneka di antara berbagai bidang dan umumnya diterbitkan dalam jurnal ilmiah nasional, jurnal internasional, prosiding, dan buku. Publikasi ilmiah merupakan salah satu indikator kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi dari suatu negara. Saat ini publikasi oleh peneliti Indonesia di kancah internasional tergolong sangat minim bila dibandingkan dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand. Saat ini jumlah dosen UNSIQ yang terafiliasi dengan SINTA ada 198 dosen dan belum semuanya menempati urutan dalam publikasi internasional terindeks, publikasi nasional terakreditasi. Oleh karenanya, perlu dilakukan upaya dalam mengoptimumkan jumlah dan mutu publikasi ilmiah khususnya untuk akademisi di lingkungan Universitas Sains Al Qur’an.

Selanjuitnya dalam pembahasan koordinasi ini, tidak ada alasan untuk tidak produktif dan berkarya: “Jelas Pak Rektor UNSIQ (Dr. H. Z. Sukawi MA),” LP3M bersama dengan UP2MF dan UP3MF memiliki peran penting dalam melaksanakan tri dharma perguruan tinggi, sehingga kinerja keduanya harus saling bersinergi untuk membantu para dosen dan mahasiswa dalam meningkatkan publikasi ilmiah. dalam kesempatan ini seluruh UP2MF mempresentasikan identifikasi keadaan dan permasalahan pada unit masing masing untuk diinventarisir dan merencanakan strategi dan evaluasi bersama. Program kerja yang relevan dengan level fakultas dan pascasarjana ataupun level universitas, sehingga harapannya dapat mempercepat peningkatan publikasi ilmiah dan lainnya.

Sumber: Doc LP3M UNSIQ

Adapun Rencana Tindak Lanjut kegiatan berupa: 1) Peningkatan Publikasi; 2) Konsorsium Metodologi Penelitian; 3) Pendaftaran AD Scientific untuk menambah pemeringakatan PT dibidang publikasi dan sitasi artikel ilmiah; 4) Koordinasi dan Upgrading Akreditasi Jurnal dilingkungan UNSIQ; dan 5) Koordinasi Coffee Break by Faculty.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *