Sejarah

Lembaga Penelitian, Penerbitan dan Pengabdian Masyarakat (LP3M) Universitas Sains Al-Qur’an Jawa Tengah di Wonosobo merupakan salah satu lembaga pelaksana akademik yang menjadi pusat pengelolaan serta pengembangan kegiatan Penerbitan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat dalam melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 22 ayat 1 yang berbunyi “Pengembangan Perguruan Tinggi diarahkan pada kemampuan menyelenggarakan Pendidikan, Penelitianan Pengabdian kepada Masyarakat, yaitu kegiatan Tridharma Perguruan Tinggi.

Berdasarkan Peraturan Rektor UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo Nomor 4 Tahun 2017 tentang Organisasi dan Tata Kelola UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo dan Keputusan YPIIQ Wonosobo Nomor: I/YPIIQ/IV/2017 tentang Statuta UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo,LP3M mengkoordinir dua lembaga yaitu Pusat Penerbitan dan Penelitian (PPP) dan Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat (P2M), dan mempunyai tugas melaksanakan, mengkoordinasikan, memantau, dan menilai pelaksanaan kegiatan Penerbitan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Perubahan status kelembagaan tersebut mengubah paradigma dan fungsi LP3M UNSIQ tidak hanya sekedar melaksanakan fungsi utamanya, tetapi harus terus berupaya melakukan berbagai inovasi penelitian dan pengabdian dalam rangka mendukung upaya UNSIQ mewujudkan Universitas Unggul yang tranformatife, humanis dan Qur’ani pada tahun 2031, untuk menopang pencapaian tersebut, tidak kalah pentingnya adalah kerjasama dengan berbagai pihak dalam skala lokal, nasional, dan internasional.

Perubahan status dan kiprah LP3M UNSIQ Jawa Tengah di Wonosobo, menuntut agar visi dan misi yang harus dicapai oleh LP3M selaras dengan visi, misi, kebijakan arah pengembangan, dan program kerja universitas (UNSIQ).Visi UNSIQ Jawa Tengah adalah“Terwujudnya UNSIQ sebagi Universitas Transformatif, Humanis, dan Qur’ani pada Tahun 2031”.Adapun Misi yang diemban UNSIQ Jawa Tengah di Wonosoboadalah:

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pengajaran untuk melahirkan sumber daya manusia yang mampu mentransformasikan nilai-nilai Al-Qur’an secara kreatif dan inovatif dalam suasana diniyah, ilmiah, dan ukhuwah dalam membantu memberikan solusi permasalahan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan pengkajian untuk mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan mengintegrasikan Al-Qur’an dan Sanis Modern.
  3. Menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat dengan memanfaatkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan/atau seni dengan memadukan nilai-nilai Al-Qur’an dan Ipteksserta menggunakan paradigma Islamirahmatalil’alamin.
  4. Membanguntata kelola Universitas yang baik (Good University Governance) untuk memperkuat sistem tatapamong perguruan tinggi yang otonom, kredibel, transparan, akuntabel, dan yang menjamin peningkatan kualitas berkelanjutan.
  5. Menjalin jejaring dengan institusi dalam negeri dan luar negeri untuk mengoptimalkanterlaksananya Tri Dharma Perguruan Tinggi.